Manfaatkan Mobil Tua! Ini Yang Perlu Diperhatikan Saat Menggadainya

manfaatkan mobil tua!

Dibandingkan mobil keluaran baru, gadai BPKB mobil tua Jakarta memang lebih jarang ditemui. Selain karena tempat gadainya yang terbatas. Banyak orang juga lebih memilih menggadaikan mobil baru yang dianggap lebih menguntungkan.

Padahal jika Anda tahu pasti, mobil tua juga tidak kalah menguntungkan untuk digadai. Dan tentunya dapat membantu Anda mengatasi masalah finansial yang dihadapi.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Gadai BPKB Mobil Tua

gadai bpkb mobil tua

Menggadaikan BPKB mobil baru maupun tua sebenarnya tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama mudah dilakukan. Hanya saja, untuk mobil tua Anda mungkin akan sedikit sulit menemukan tempat gadainya.

Pasalnya, tidak semua leasing, finance maupun bank dapat menerima mobil tersebut. Nilai jual dari mobil tua yang tidak begitu tinggi membuat mereka tidak berani memberi pinjaman. Sehingga pengajuan pinjaman akan ditolak.

Walau begitu, tak sedikit juga yang menerima pinjaman dengan gadai mobil tua. Maka dari itu, Anda harus lebih selektif memilih tempat gadainya. Selain itu, perhatikan juga beberapa hal di bawah ini:

  • Syarat dan Ketentuan Gadai

Untuk mengajukan pinjaman dengan gadai BPKB, ada ketentuan dan persyaratan umum yang harus dipenuhi. Diantaranya yaitu memiliki pendapatan bulanan dan berusia di atas 21 tahun hingga 60 tahun.

Syarat lainnya ialah dengan melengkapi sejumlah dokumen yang diminta. Seperti fotokopi KTP, KK dan PBB, slip gaji, foto barang jaminan dan lainnya.

  • Usia atau Tahun Pembuatan Mobil

Walaupun beberapa lembaga gadai menerima mobil tua, tapi tetap ada minimal batas untuk usia mobil. Umumnya, yang diterima adalah mobil dengan minimal keluaran tahun 1995. Jadi pastikan usia mobil Anda memenuhinya.

Ini nantinya juga akan berpengaruh pada nilai jual mobilnya. Semakin muda usia mobil (tergolong keluaran terbaru) maka otomatis harga jualnya masih tinggi. Plafon atau besar pinjaman yang bisa dicairkan pun akan ikut tinggi.

  • Kondisi Fisik Mobil Tua

Sama halnya usia mobil, kondisi fisik mobil juga berpengaruh pada disetujuinya pengajuan pinjaman. Jika kondisi bagus, maka pinjaman akan disetujui dengan plafon yang sesuai. Dana pinjaman pun bisa segera didapatkan.

Namun jika mobil rusak parah atau telah banyak dimodifikasi, itu mungkin akan sulit. Pengajuan pinjaman kemungkinan akan ditolak.

  • Merek Mobil

Saat ini, merek mobil juga tak kalah penting diperhatikan. Umumnya pihak gadai akan menerima mobil dengan merek yang umum. Yang banyak diminati dan nilai jualnya masih tinggi. Seperti mobil Toyota, Honda, Daihatsu, BMW dan lainnya.

  • Kecocokan Fisik Mobil dengan Data BPKB

Data yang ada di BPKB harus sesuai dengan fisik mobilnya. Ini dapat dilihat dari nomor rangka, nomor mesin, nomor polisi, tipe, warna dan lainnya. Apabila tidak cocok, maka pengajuan pinjaman akan ditolak.

Penyebab Gadai BPKB Mobil Tidak Disetujui

penyebab gadai bpkb mobil tidak disetujui

Penyebab tidak disetujuinya pengajuan gadai bisa bermacam-macam. Tapi secara garis besar, itu disebabkan karena persyaratan yang tidak terpenuhi. Seperti berikut ini:

  1. Usia mobil tidak sesuai dengan yang disyaratkan. Ini tergantung pada kebijakan perusahaan masing-masing terkait batas minimalnya.
  2. Domisili rumah atau tempat tinggal nasabah tidak permanen.
  3. Karena kapasitas yang minim. Di mana kondisi keuangan nasabah yang terlihat dari rekening koran dan di saldo akhir rekening tidak memiliki sisa dana.
  4. Mempunyai catatan buruk di leasing sebelumnya.

Bagaimana, masih ragu untuk gadai mobil Anda? Gadai BPKB mobil tua Jakarta memang harus lebih hati-hati. Karena itu, pastikan Anda melakukannya dengan tepat.